Breaking News
Loading...
Sabtu, 17 Januari 2015

Info Post
http://tempat-wisatadibandung.blogspot.com/2015/01/kawah-putih-bandung-ciwidey-yang.html

Tempat Wisata Di Bandung - Bandung sejatinya adalah salah satu kota destinasi wisata terbaik dan pilihan favorit wisatawan domestik maupun mancanegara.Bandung adalah ibukota parahyangan yang beriklim sejuk, sebuah wilayah dengan topografi kawasan yang dikelilingi pegunungan. Hal inilah yang menyebabkan beberapa tempat wisata di Bandung memiliki panorama alam yang begitu indah, salah satunya Kawah Putih Bandung.

Menurut sumber dari Wikipedia Kawah Putih Bandung adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna.

http://tempat-wisatadibandung.blogspot.com/2015/01/kawah-putih-bandung-ciwidey-yang.html

Berada di kawasan pegunungan yang mempunyai ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut,membuat suhu udara di kawasan Kawah Putih Bandung ciwidey ini sudah tentu saja dingin dengan suhu 8 derajat Celsius sampai dengan 22 derajat Celsius, oleh karena itu jangan lupa membawa jaket atau memakai pakaian yang tebal apabila anda berkunjung ke tempat ini.

Selain untuk dinikmati keindahannya oleh para wisatawan, Kawah Putih Ciwidey juga sering kali menjadi Rekomendasi Tempat Wisata Di Bandung untuk kegiatan lain, misalnya pengambilan gambar film, melukis, foto pengantin, sampai dengan kegiatan mendaki dan berkuda.

Kisah Kawah Putih Bandung

Kisah atau sejarah mengenai Kawah Putih Bandung ciwidey pun berawal pada abad ke 10 yang mana pada saat itu terjadi sebuah letusan hebat oleh Gunung Patuha. Semenjak letusan itu terjadi, masyarakat sekitar beranggapan bahwa lokasi ini adalah kawasan angker dan tak terjamah, karena mereka menemukan fakta bahwa setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati.

Seiring dengan berjalannya waktu, kepercayaan mengenai angkernya kawah putih bandung pun mulai pudar, sampai akhirnya tepat pada tahun 1837 ada seorang ahli botani  berkebangsaan Jerman datang ke kawasan ini untuk melakukan penelitian ilmu pengetahuan. Peneliti yang bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn tersebut sangat tertarik dengan kawasan pegunungan yang sunyi yang bahkan tidak ada burung yang terbang di atasnya sehingga ia berkeliling desa untuk mencari informasi. Pada saat itu, seluruh informasi yang ia dapatkan adalah bahwa kasawan tersebut angker dan penuh mistis.
http://tempat-wisatadibandung.blogspot.com/2015/01/kawah-putih-bandung-ciwidey-yang.html

Bagi Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pernyataan masyarakat setempat tersebut tidaklah masuk akal. Karena tidak percaya dengan cerita-cerita tersebut, ia pergi ke dalam hutan rimba untuk mencari tahu apa yang sebenarnya ada di sana. Singkat cerita, akhirnya Dr. Franz Wilhelm Junghuhn berhasil mencapai puncak gunung, dan dari sana ia melihat keberadaan sebuah danau indah berwarna putih dengan bau belerang yang menyengat.

Sejak itu, keberadaan Kawah Putih Bandung di Ciwidey menjadi terkenal dan mulai dari tahun 1987 pemerintah indonesia mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata yang menawarkan pengalaman unik melihat danau yang dapat berubah warna.

Alamat Kawah Putih Bandung Ciwidey.

Kawah Putih yang beralamat di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25 berlokasi tidak jauh dari tempat wisata Situ Patenggang dan dapat dicapai dengan mudah bila Anda membawa kendaraan pribadi karena terdapat banyak penunjuk jalan. Dari Jakarta, Anda hanya perlu menggunakan jalur tol Cipularang dan keluar melalui pintu tol Kopo. Dari sana Anda harus menuju ke Soreang dan berkendara ke bagian selatan Ciwidey.

Bila menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik angkot dari terminal Leuwi Panjang yang menuju ke terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey, Anda dapat menggunakan angkot yang menuju Situ Patenggang dan turun di depan gerbang Kawah Putih.

Fasilitas Kawah Putih Bandung Di Ciwidey.

Karena daerah ini telah dikembangkan sebagai salah satu favorit tempat wisata di bandung,maka pemerintah daerah setempat mengembangkan Kawah Putih ciwidey ini dengan berbagai fasilitas penunjang kenyamanan berwisata yang sangat memadai, diantaranya adalah area parkir yang sangat luas,keperluan tempat ibadah seperti mushola,pusat informasi,toilet,rumah makan,restoran dan kendaraan transportasi dari gerbang masuk depan sampai dengan lokasi kawah putih.

Harga Tiket Kawah Putih Bandung Ciwidey.

Harga tiket Kawah Putih Bandung pada hari biasa dan hari libur serta akhir pekan adalah sama yaitu 15.000 Rupiah per orang, sedangkan untuk tarif kendaraan sendiri berbeda,dengan perincian harga tiket masuk sebagai berikut:
  • Parkir atas (mobil): 150.000 Rupiah
  • Parkir atas (motor): 35.000 Rupiah
  • Ontang-anting: 13.000 Rupiah
  • Parkir bawah (mobil): 6.000 Rupiah
  • Parkir bawah (motor): 5.000 Rupiah
  • Parkir bawah (bus): 25.000 Rupiah
Yang dimaksud dengan parkir atas adalah membawa kendaraan Anda sampai dengan lokasi kawah, bus tidak dapat parkir di atas. Maksud dari parkir bawah adalah memarkir kendaraan Anda di gerbang masuk kemudian Anda dapat naik ontang-anting untuk menuju kawah.

Apa itu ontang-anting? Ontang-anting berasal dari bahasa Sunda yang berarti ‘mondar mandir’ dan merupakan sebutan bagi kendaraan khas Kawah Putih Ciwidey. Kendaraan ini berupa mini bus yang telah dimodifikasi menjadi terbuka dan dilengkapi dengan pengaman. Kapasitas maksimal untuk 1 ontang-anting adalah 12 orang, namun jangan kuatir tidak kebagian tempat karena ada banyak ontang anting beroperasi di kawasan kawah putih bandung ini.

Untuk jam buka dan tutup di kawasan wisata alam kawah putih bandung ini,pihak pengelola sudah menetapkan waktu,bahwa untuk bisa memasuki tempat wisata kawah putih ini wisatawan baru bisa masuk mulai pukul 7 WIB dan kawasan ini ditutup pada pukul 5 sore.

Peta Kawah Putih Bandung.

http://tempat-wisatadibandung.blogspot.com/2015/01/kawah-putih-bandung-ciwidey-yang.html

Berikut adalah maps kawah putih bandung atau peta petunjuk jalan yang bisa anda lihat dan dijadikan patokan rute untuk menuju lokasi tempat wisata di bandung kawah putih yang bisa dijadikan rujukan anda.Untuk rute jalan menuju kawah putih bandung di ciwidey sendiri tidaklah terlalu rumit,karena akses jalan yang tidak banyak persimpangan mulai dari kota bandung.

Anda juga bisa bertanya kepada penduduk di sepanjang jalan,apabila mengalami kendala atau kesulitan mencari arah atau lokasi kawah putih.

Demikianlah salah satu favorit dari Daftar Tempat Wisata Di Bandung yang wajib anda kunjungi dan prioritaskan apabila berlibur atau berencana melakukan perjalanan wisata ke bandung.Semoga informasi ini bisa memberikan pengetahuan tambahan atau wawasan yang berguna bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke KAWAH PUTIH BANDUNG .

Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar